Universitas Gunadarma: Tidak Ada OSPEK, Hanya Pengenalan Program Studi :)

Ya, waktu pertama mendaftar disini, hal yang pertama kali saya tanyakan adalah “Apa ada ospek disini?” dan dengan manisnya mbak-mbak counter pendaftarannya bilang tidak ada. Oke, saya senyum terharu. Akhirnya saya ujian akademik, tes kesehatan dan daftar ulang. Saat daftar ulang, saya mendapat beberapa lembar yang dijadikan satu strapless dan salah satu lembar itu tertulis bahwa akan ada kegiatan Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan Tinggi (PSSPPT) dan disitu hanya tertera satu hari saja. Ya, dari namanya saja kan formal banget kan tuh, jadi saya tenang-tenang saja, apalagi hanya satu hari, dan 5 jam saja.

Singkat cerita, ternyata PPSPPT nya diadakan tiga hari. Sedih, tapi ya sudahlah. Akhirnya saya ikuti seluruh rangkaian acara ini dengan baik. Sebagai informasi tambahan, kegiatan PSPPT dibagi dua, yaitu dari universitas (dua hari) dan dari masing-masing fakultas (satu hari).

Oke, PPSPPT universitas sudah selesai, tinggal yang terakhir. Firasat saya mulai tidak enak dari sini, karena pada saat PPSPPT hari kedua, ada persyaratan-persyaratan yang HARUS dilakukan, seperti membawa name tag yang dibuat sendiri, ditambah detil ukuran, jenis tulisan, ukuran foto, bahkan talinya. Kurang lebih seperti ini jadinya.


dokumentasi pribadi –  Contoh name tag PPSPPT 2014

Itu baru name tag, yang selanjutnya adalah pita. Kalau yang laki-laki sih enak cuman diikat di lengan kanan aja, kalau yang cewek... agak ribet. Rambut harus dikuncir dua pakai pita, sedangkan yang memakai jilbab cukup ditempel saja. Ya, untungnya saya memilih pilihan kedua. Gak kebayang gimana muka saya kalau dikuncir kayak gitu. Mending jangan dibayangin, horror.

Skip aja.

Nah, saya sudah mulai curiga nih, sepertinya mbak-mbak counter pendaftarannya boong nih, katanya gak ada OSPEK. Ya, habisnya, ada aturan-aturan seperti itu. Ah, pokoknya udah jengkel aja. Tapi saya termasuk beruntung dan bersyukur, karena BEM Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi atau FIKTI tidak memberlakukan sistem peraturan yang ribet dan mendetil. Ya, karena ini acara fakultas jadi seluruh peraturan dipegang oleh BEM dari masing-masing fakultas.

Hingga akhirnya, tanggal 15 September 2014 telah tiba. Ya, fakultas yang saya ambil ternyata mendapat giliran pertama, bisa dibilang ‘pembuka’ nya PPSPPT fakultas di seluruh cabang Universitas Gunadarma, bersama fakultas Psikologi dan direktorat Bisnis dan Kewirausahaan. Saya berangkat dari rumah jam 6 kurang 10 menit supaya gak kena macet. Tapi tetep aja. Akhirnya saya baru sampai di kampus jam setengah tujuh kurang lima menit. Pas masuk, kita-kita yang baru datang dipinggirin nih, jangan masuk barisan dulu. Aduh, parah deh. Saya udah takut aja kalau bakalan kena hukum, soalnya memang waktu saya cek twitter BEM nya disuruh datang jam 6. Yah, salah udah.

EH ADA KABAR GEMBIRA UNTUK KITA SEMUA yang baru datang, ternyata sepuluh baris pertama diperbolehkan masuk. Tidak ada hukuman apapun, padahal saya sudah agak takut kalau saat itu juga akan ada pemeriksaan per maba, karena saya lihat dari kejauhan, maba FPSI atau Fakultas Psikologi banyak yang kena hukuman akibat ada persyaratan yang tidak terpenuhi. Ya, ALHAMDULILLAH MIMPI BURUK TIDAK TERJADI. BEM FIKTI ternyata tidak seketat BEM FPSI. Kalau FPSI, name tag sedikit kebesaran dari ketentuan, langsung kena hukum. Coba kalau saya (jadi) masuk Psikologi, duh kena deh :v name tag saya kurang dipotong, meskipun ukuran sebelum di print sudah sesuai sih :v

Akhirnya saya segera berlari mencari kelompok, yaitu KOMAJ11. Hem, ternyata baru sedikit yang datang, dimana baru saya dan satu orang di depan saya yang perempuan, sisanya yang didepan adalah laki-laki. Saya hening, sambil ngos-ngosan juga sih.

Makin siang, makin banyak yang masuk, makin banyak anggota kelompok ini. Ya lumayan lah, perempuannya bertambah dua. Hingga akhirnya acara dimulai dengan perkenalan diri dari kakak-kakak BEM FIKTI. Kemudian dilanjut kakak-kakak dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) dan Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer (HMSK).


dokumentasi BEM FIKTI (@UG_BEMFIKTI) –  Perkenalan Seluruh Keanggotaan BEM



dokumentasi BEM FIKTI (@UG_BEMFIKTI) –  Perkenalan Seluruh Anggota HIMSI



dokumentasi BEM FIKTI (@UG_BEMFIKTI) –  Perkenalan Seluruh Anggota HMSK

Lanjut, nah sekarang giliran nge games. Perwakilan tiap kelompok maju dan bermain sebuah game bernama strip three. Itu lho permainan yang gak boleh nyebutin angka 3 dan kelipatan 3 dan diganti dengan tepuk tangan. Ya, seru sih, saya yang cuman nonton aja dari ujung barisan ketawa-ketawa sendirian wwww


dokumentasi BEM FIKTI (@UG_BEMFIKTI) –  Games 'Strip Three' Maba bersama kakak-kakak BEM, HIMSI DAN HMSK

Games selesai, eeeh ada kejutan. Ternyata salah satu maba ada yang telambatnya keterlaluan banget, jam 11 baru datang XD Ya saat itu juga jadi bahan ‘kerjaan’ kakak-kakak BEM nya :v


dokumentasi BEM FIKTI (@UG_BEMFIKTI) –  Maba yang kena hukuman, jadi manusia danbo XD

Sudah seru-seruan, sekarang gilirannya para dekan untuk memberi info seputar kampus dan fakultas tentunya. Sekitar satu setengah jam para dekan baik dari jurusan Sistem Informasi maupun Sistem Komputer menjelaskan bagaimana cara untuk menempuh perkuliahan dengan baik.


dokumentasi BEM FIKTI (@UG_BEMFIKTI) –  Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi

Yosh! Acara selanjutnya adalah demo UKM. Kali ini adalah UKM Wushu yang unjuk gigi di depan ratusan maba. Ciyeee pamer-pamer dikit ke junior :D



dokumentasi pribadi –  Penampilan dari UKM Wushu Universitas Gunadarma 

Demo selesai, kini saatnya para kakak-kakak dari UKM semua agama memadati tenda. Dari Rohis, Rokris sampai yang Hindu dan Buddha pun ada. Seluruh maba dikelompokkan sesuai dengan agama yang dianut. Disini kita dapat mentoring dari kakak-kakaknya langsung, sharing apapun seputar kampus, curhat-curhatan, pokoknya banyak deh~ setelah itu kita semua dikasih waktu buat shalat sama makan siang deh~

Semua selesai, acara dilanjut. Bisa dibilang ini adalah acara puncaknya. Yap! Pembagian almamater~~~ setelah semuanya sudah dapat, kita semua memakai almamater secara serentak dan dengan ini saya beserta seluruh peserta PPSPPT 2014 Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Psikologi dan Direktorat Bisnis dan Kewirausahaan resmi menjadi bagian dari Universitas Gunadarmaaaaa!!!!! YEAAAAY~~~~



dokumentasi BEM FIKTI (@UG_BEMFIKTI) –  Suasana pembagian almamater dan acara memakai secara serentak

Seperti biasa, saya dan teman-teman juga ingin narsis dulu nih di belakang barisan, pakai almamater baru~~ XD






Oke, itulah sekelebat kisah saya seputar PPSPPT di Universitas Gunadarma. Oh iya, dari pengalaman yang satu ini saya mendapat hikmah yang terkandung di dalamnya, yaitu:

1. Jadilah orang yang taat pada peraturan
2. Perbanyaklah teman agar tidak kesepian di tengah keramaian
3. #NoNarsisNoLife

Deby Silarny Priscilina

10 komentar:

  1. Selamat bergabung di keluarga Gunadarma, adek cantik :) Semoga kita bisa jadi keluarga yang baik hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kakaknya yang cantik ^^ aaamiiin!! Biarpun kita berbeda" jurusan dan fakultas tapi kita semua satu Gunadarma!! ^^

      Hapus
  2. Setuju dengan hikmahnya, yeeeeay! XD

    BalasHapus
  3. haha.. dulu banget gue gak ikutan yang begituan, rambut botak cinnnn.
    baek baek di gundar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas perdana kuliah pasti banyak tuyul berkeliaran wkwkwkwkwk

      Baek baek........hm ok ok

      Hapus
  4. emg ospek wajib pake sepatu hitam tali hitam?#bantujawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga harus sih, boleh juga bertali putih (kayak sepatu NB), tapi kalau tali berwarna lain sih, selama ga ada larangan untuk itu ya gapapa. :D

      Hapus
  5. ka mau tanya yg pake hijab kerudungnya wajib putih/ hitam ya?

    BalasHapus
  6. Kak debby saya maba tahun 2016 nih. Kak saya mau nanya kan saya baru aja kehilangan nomer kelompok saya. Padahal nomer kelompok penting bgt kan kak? Buat ospek nanti. Gimana ya kak.. Saya mau nanya tapi ngk tahu ke siapa kak. Klo kakak tau tolong di bales ya kak. Saya mohoon bgt kak. Makasih

    BalasHapus

Instagram