VOCAPOST


VOCAPOST, apa itu? Mungkin nama ini asing sekali didengar, meskipun di kalangan penggemar Jepang sekalipun. Oke, VOCAPOST merupakan sebuah forum dimana sebagian besar orang-orang yang bergabung disini adalah para fans dari Vocaloid. Nah, lalu Vocaloid itu apa?

Begini ceritanya,

VOCALOID adalah sebuah produk software penyedia suara manusia yang biasa digunakan sebagai ‘pengganti’ penyanyi dengan wujud sebenarnya. Maksudnya gimana? Jadi, software ini menyediakan berbagai macam karakter suara manusia, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, baik laki-laki maupun perempuan, dengan berbagai bahasa yang disediakan, untuk dijadikan sebagai penyanyi sintesis (bisa dibilang ini adalah mesin penyanyi). Sekali lagi, karena ini hanya sebuah program komputer, jadi suara yang dihasilkan pasti terdengar jauh berbeda dengan suara asli penyanyi pada umumnya. Suara yang dihasilkan dari software ini terdengar kaku dan terkesan seperti robot, jadi butuh teknik khusus untuk membuatnya bernyanyi mendekati manusia sungguhan.

Bagi pengguna pemula, pasti sulit untuk menggunakan Vocaloid ini, karena mereka harus beradaptasi dengan berbagai macam fitur pengaturan di dalam software tersebut. Belum lagi mereka harus bisa beradaptasi dengan bahasa, karena hingga saat ini Vocaloid belum tersedia dalam Bahasa Indonesia. Bahasa yang disediakan baru ada Jepang, Korea, Inggris, Mandarin dan Spanyol. Bagi kamu yang tertarik untuk mendalami Vocaloid, kamu harus sering-sering berselancar di dunia maya. Tetapi, mengingat harga CD Vocaloid yang original sangat mahal, jadi untuk kamu yang ingin icip-icip mesin ini kamu bisa mengunjungi website http://audioz.eu lalu ketika “Vocaloid” di tab search.

*Tips untuk mendownload Vocaloid,
> Carilah terlebih dahulu link yang bertuliskan “Vocaloid 3 AE” untuk mendownload engine nya. Setelah itu, barulah kamu download untuk Voice Bank favorit kamu seperti Hatsune Miku, Kagamine Rin/Len dan sebagainya. Semua lengkap di website tersebut, mulai dari yang terlama sampai yang terbaru.

Mengapa demikian?

Karena jika kamu lebih dulu mendownload Voice Bank nya, sampai kapanpun kamu tidak akan bisa memakai Vocaloid tersebut. Karena Voice Bank hanya menyediakan suara tetapi tidak termasuk engine nya. Begitu juga sebaliknya, jika kamu hanya mendownload engine Vocaloid 3 AE saja tetapi tidak mendownload Voice Bank nya, engine tersebut secara otomatis tidak akan bekerja meskipun dapat diinstal dan dibuka.

Memang Vocaloid dibuat terpisah seperti itu, jadi harus bersabar.

Sudah cukup dengan penjelasan Vocaloidnya? Selengkapnya bisa kamu buka http://id.wikipedia.org/wiki/Vocaloid

Oke, lalu apa hubungannya dengan VOCAPOST? Nah, seperti yang sudah saya jelaskan di awal bahwa inilah forum yang menampung orang-orang yang sangat menyukai Vocaloid, walaupun hanya sekadar tahu, cukup tahu, bahkan yang addict sampai para produser dan komposer musik profesional pun termasuk di dalamnya.

Yang unik dari forum ini adalah, ini merupakan forum asli buatan anak Indonesia dan merupakan forum resmi fans Vocaloid di Indonesia. Forum ini berada di bawah KarenT, sebuah label musik yang cukup besar di Jepang. Selain itu, para produser dan komposer musik yang tergabung dalam VOCAPOST disini juga orang Indonesia! Walaupun mereka hanya dikenal di kalangan terbatas namun bagi para fans Vocaloid di Indonesia sangat terkagum dengan karya-karya mereka bersama Vocaloid. Mengapa?

Karena.......

Sebagian besar lagu-lagu mereka menggunakan bahasa Indonesia!!

Lho kok bisa?

Ini semua karena kreativitas para produser dan komposer Vocaloid di Indonesia yang sangat mahir sekali dalam mengolah Miku dkk menjadi ‘penyanyi’ yang bisa berbahasa Indonesia! Dengan teknik khusus dalam penulisan lirik pada mesin Vocaloid akhirnya terciptalah lagu-lagu terbaru yang tidak kalah keren dengan lagu-lagu yang telah ada!

Perlu bukti? BOLEH!

Sebagai informasi tambahan, VOCAPOST sudah merilis beberapa album kompilasi lagu-lagu Vocaloid. Ya, meskipun ini dibuat oleh anak-anak Indonesia, tetapi beberapa lagu juga ada yang menggunakan bahasa selain bahasa Indonesia. Mengapa? Karena memang para panitia yang mengadakan juga membebaskan para produser dan komposer untuk membuat lagu dengan bahasa apa saja, asal masih berhubungan dengan tema yang diusung di tiap albumnya.

Oke, akan saya sebutkan satu persatu album yang telah dihasilkan oleh anak-anak VOCAPOST.

1)      VOCALO.ID 1 (2011)


Ini merupakan album pertama yang dirilis VOCAPOST dan sukses memukau para fans Vocaloid di Indonesia dengan kefasihan pengucapannya dalam bahasa Indonesia.

Lihat videonya:




2)      VOCALO.ID 2 (2012)



Album kedua dari VOCAPOST, dengan jumlah lagunya yang semakin banyak dari beragam genre. 

Lihat videonya:




3)      MERAH PUTIH VOCALOID – DARI KITA UNTUK BANGSA (2012)



Album spesial yang dirilis VOCAPOST, sesuai dengan temanya album ini berisi seluruh lagu-lagu wajib nasional yang di-remake sehingga terdengar lebih fresh.

Lihat videonya:




4)      VOCALO.ID 3 (2013)


Album selanjutnya yang dirilis VOCAPOST, lagu-lagunya semakin ketjeh membahanaaaa! :”D

Lihat videonya:




5)      VOCAROCK.ID (2013)



Ya! Album kali ini berbeda dengan album-album sebelumnya karena temanya adalah Rock and Roll! Wihiiiii!! Mantap gan!

Lihat videonya:




6)      VP Childhood Dreamland (2013)



Nah, ini nih album yang paling saya suka! Kumpulan lagu-lagu OST anime semasa kita masih kanak-kanak. Lumayan nih buat flashback masa kecil!

Dengarkan lagunya:


Nah itulah sedikit ulasan tentang VOCAPOST lewat kacamata saya. Buat kamu yang ingin gabung sama kita-kita, yuk kunjungi website kita!
Jangan lupa subscribe YT, like fanpage facebook dan follow twitternya!






Deby Silarny Priscilina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram