Assalamu'alaikum! 'Ana (Ingin) Bisa Bahasa Arab! #1Day1Dream



Kebutuhan berbahasa saat ini sangat banyak, terutama dalam bidang bisnis dan kemanusiaan. Otomatis, jika kebutuhan global ini terus berkembang, maka kita pun harus bisa menguasai TIDAK HANYA bahasa ibu atau bahasa dari negaranya sendiri, kan? Iya gak? Bayangkan jika kita mempunyai sebuah perusahaan yang ingin bekerjasama dengan perusahaan Thailand, kita tidak bisa bahasa Thailand ataupun sebaliknya? Atau salah satu bahkan kedua pihak tidak dapat berbahasa Inggris? Ente mau (di)kerja(in)sama orang luar, ha? -_-

Oleh karena itu, penting sekali untuk kita mempelajari bahasa asing, salah satunya ya bahasa Inggris. Ya, sampai dengan saat ini bahasa Inggris masih menjadi pilihan untuk penggunaan bahasa internasional. Alasannya? Karena bahasa Inggris diyakini sebagai bahasa termudah dengan tatanan bahasa yang paling sederhana.

Saat ini sudah banyak kok yang dapat berbahasa Inggris dengan baik, di Indonesia contohnya. Bahkan sudah menjadi bahasa wajib yang harus dikuasai, toh? Coba cek buku rapot kalian saat masih sekolah, lihat, mata pelajaran bahasa Inggris ada di nomor berapa? Hmm, kalau di zaman saya sih, mata pelajaran bahasa Inggris ada di urutan keempat teratas setelah bahasa Indonesia. Apa sekarang masih sama? Kalau iya, berarti benar perkataan saya barusan, kan?

Eits! Kalian sudah mahir berbahasa Inggris? Jangan bangga dulu! Kini penggunaan bahasa internasional sudah mulai bergeser ke bahasa-bahasa lainnya, lho! Mengapa? Karena sekarang penguasa ekonomi dunia tidak hanya dipegang oleh Amerika Serikat atau Inggris saja, lho! Lihatlah negara-negara di Eropa seperti Perancis, Russia, Belanda, Spanyol, Jerman, lalu juga lihat perkembangan ekonomi di China, Jepang dan Korea Selatan, kemudian Saudi Arabia, India dan sebagainya, mereka-mereka inilah yang akhir-akhir ini mulai menguasai PBB! Kalau kita telusuri para anggota PBB, mereka semua dapat menguasai minimal tiga bahasa, lho! Ya, dengan bahasa Inggris yang menjadi utama, kemudian bahasa Perancis dan Russia.

Dari penelusuran tersebut, ada sebuah fakta yang buat saya cukup unik dan menarik. Ternyata masih sedikit anggota perwakilan PBB yang bisa berbahasa Arab! Yo, padahal di dunia ini banyak yang beragama Islam, selain itu negara-negara Timur Tengah sangat kaya akan tambang minyaknya. Namun sayang, masih jarang sekali orang yang bisa bahkan berminat untuk belajar bahasa Arab karena masih sedikitnya tempat kursus bahasa Arab yang tersebar di seluruh negara di dunia.

Itulah yang menyebabkan saya termotivasi untuk belajar bahasa Arab! Kebetulan, di komunitas Fakta Bahasa Bekasi kini ada klub bahasa Arabnya! Ehe~ klubnya baru dibuka pas oprec 5 kemarin, uuuu baru netes, masih anget anget gimanaaaa gitu :D Sebenarnya saat oprec anggota baru Desember kemarin dibuka, saya sempat kasih ri-ku-es ke salah seorang teman saya yang sudah lebih dahulu bergabung di Faba Bekasi (kebetulan dia juga panitia oprec 5 kemarin) kalau bisa ada klub bahasa Arab dan Mandarin. Alhamdulillaaaah permintaanku dikabulkan! Walaupun belum untuk yang Mandarin, tetapi aku beneran senang, lho! >w<


In syaaa Allaah jika ilmu saya bertambah, saya terus ingin mendalami bahasa Arab ini. Selain merupakan bahasa Al-Qur’an, saya juga ingin menyebarkan ilmu ini ke orang lain juga, sekalian nabung pahala :D Aaaaamiiiin!!!

Deby Silarny Priscilina

2 komentar:

  1. Wuih, keren nih mimpi! Izin saya gunakan dalam sesi keempat tgl 21-25 januari ini ya. Moga bisa nambah-nambah bantu ngasih saran dri pengalaman yang udah saya jalani. Pokoknya, kunci belajar bahasa asing itu Istiqomah plus gak malu salah pas ngomong. Hehehe...four thumbs! Jarang2 ada orng punya mimpi bisa bhsa Arab...
    Salam kenal dari saya, mampir ke gubug saya juga ya, di http://chairulsinaga.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh terima kasih atas artikel reviewnya kaaak! Sudah saya baca dan alhamdulillaaah semakin memotivasi saya untuk belajar lebih mendalam tentang bahasa Arab! Nice deh pokoknya! :D

      Hapus

Instagram