TAMBAHIN DONG TARGETNYAAA! #1Day1Dream

Assalaaamu’alaikuuum! Kalau di artikel sebelumnya saya baru menjabarkan ingin bisa bahasa Arab dan Inggris, sekarang target ditambah, diantaranya:

- Karena saya ingin ke Jepang berarti saya harus bisa menguasai bahasa Jepang

- Karena China menjadi negara penguasa bisnis dan ekonomi terbesar di dunia saat ini, maka saya juga harus bisa bahasa Mandarin

- Karena perkembangan industri dan teknologi Korea Selatan juga terus berkembang, maka saya juga tidak boleh ketinggalan untuk belajar bahasa Korea

- Eropa, sebagai benua yang paling berpengaruh dengan kemajuan era saat ini maka saya juga ingin menguasa bahasa Italia, Perancis, Jerman dan Esperanto.

T-tunggu dulu, bahasa Esperanto? Apa itu? Memangnya ada gitu nama negara ‘Esperanto’? Noooooo, kalian salah! Jadi apa itu bahasa Esperanto?

Ini dia...



Jadi, bahasa Esperanto itu bukanlah bahasa dari negara manapun, tetapi bahasa ini adalah bahasa buatan yang dibuat sebagai pemersatu berbagai macam bangsa dan bahasa di dunia. Bahasa ini diciptakan oleh bapak Zamenhof dari Polandia.



Bahasa ini diciptakan pada saat perang dunia ke II sedang memporak-porandakan bumi ini. Di kawasan Eropa sendiri terdapat beberapa bahasa yang digunakan, yaitu Rusia, Jerman, Perancis dan Inggris. Otomatis karena perbedaan bahasa yang digunakan jadi sulit juga kan untuk berkomunikasi, kan? Akhirnya, pak Zamenhof ini berinisiatif untuk menciptakan bahasa yang sederhana dan dapat dipelajari oleh semua orang di dunia dengan harapan bahwa perang dunia segera selesai dan perdamaian terwujud dengan adanya bahasa pemersatu ini. Meskipun pada kenyataan di lapangan, sempat terjadi pelarangan penggunaan bahasa ini karena alasan-alasan tertentu, tetapi sekarang bahasa ini kembali bangkit dan mendunia kok! :D

Di Indonesia sendiri, masih sangaaaaat jaaaaraaaaaaang sekali orang yang bisa berbahasa Esperanto karena kurangnya tenaga ahli. Nasibnya yaa kurang lebih seperti bahasa Arab gitu deh, tapi jauh lebih sedikit. Oleh karena itu, saya ingin mengambil kesempatan ini, yang nantinya siapa tahu ilmunya bermanfaat dan dapat dibagikan ke teman-teman semuanya!

Awalnya saya tahu bahasa ini, hmm... setelah bergabung di komunitas Faktabahasa Bekasi sih. Saya iseng-iseng aja ikutan club nya, ternyata asyik juga kok! Dan benar, cara pengucapannya hampir seperti bahasa Indonesia, yaa beda-beda dikit sih. Jadi ketagihan buat belajar deh :D

Oh iya, kata kak Eko (tutor bahasa Esperanto di Faktabahasa Bekasi) pernah bilang kalau kita bisa bahasa Esperanto dan suatu saat pergi ke negara lain, dengan mudah kita bisa mendapat akomodasi, lho! Ya, pengguna bahasa Esperanto kini tidak hanya untuk bangsa Eropa saja, di Asia dan Amerika pun juga tidak kalah banyak juga nih para Esperantisnya! Sebuah keuntungan tersendiri sih, yaa semoga saja kak Eko gak bohong ya :D

Oke, semoga saja dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun ini saya bisa menguasai minimal 60% dari sekian bahasa yang ingin saya pelajari, dan mahir berbahasa Esperanto dalam waktu satu tahun! Aaaamiiiin!!

Deby Silarny Priscilina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram