Ente Galau Mau Kuliah Dimana?



Assalaamu’alaikum! Hayooo yang abis lulus-lulusan trus bingung yaaa mau ngapain? Buat kamu yang ingin langsung bekerja gapapa, justru bagus kaan baru lulus udah megang duit gajian :3 naah buat kamu yang mau langsung kuliah, bingung yaaaa mau kuliah dimana? Dimanaaa~ dimanaa~ dimanaaa~ /gak

Hm, kalau ditanya, “eh bro, mau kuliah dimana?” pasti semua ingatan dan bayang-bayang mata ini /apasih/ langsung tertuju pada PTN. Iya gak? Iya? Iya aja apa iya banget?

Biasanya nih kalau lagi pada galau begini enaknya cari-cari info tentang kampus nih ya... hmmm... Mungkin selama ini kita pernah dengar 4icu? Webometrics? QS World Universities? Banyak lagi lah pokoknya. Nah, ketiga web tersebut adalah web paling populer yang selalu up-to-date memberikan informasi tentang kampus-kampus terbaik, baik dalam suatu negara saja maupun seluruh dunia. Situs-situs tersebut menilai dari beberapa poin umum, yaitu dari impact (dampak yang diberikan kampus tersebut), opennes (seberapa sering web kampus tersebut diakses) dan excellence (‘kesempurnaan’ yang dimiliki kampus tersebut).

Oke, biar oke mending kita cekidot dulu yuk! 10 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia 2015 versi 4icu.

1.  Institut Teknologi Bandung (Bandung, Jawa Barat) – www.itb.ac.id

Bukan jadi rahasia lagi bahwa kampus ini memang ‘dewa’ dari segala macam kampus di Indonesia yang teknologinya paling ajib. ITB memang menjadi andalan orang Indonesia untuk memperdalam ilmu teknologi. Banyak sekali jurusan yang ada disini, mulai dari teknik industri, teknik informatika, teknik mesin dan muaaaasiihhh banyak lagi! So, buat kamu yang kepengen belajar ilmu teknologi yang cucoooo, berusahalah untuk lolos SNMPTN/SBMPTN dengan memilih ITB sebagai universitas nomor wahid! :D

2.  Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta) – www.ugm.ac.id

Inilah destinasi PTN selanjutnya yang pasti diburu oleh sebagian besar lulusan SMA sederajat buat memosisikan gelar sarjananya disini! Yooo, yang mau jadi anak gajah sini! XD /gak
UGM ini adalah kampus dengan pilihan prodi yang menyediakan jurusan baik IPA dan IPS, hukum? Ada! Teknologi? So pasti! Sosial dan budaya? Weeets! Jangan ditanya lagi ini mah~ Karena letak UGM yang berada di sebuah kota yang memiliki julukan ‘Kota Pelajar’ dan juga sebagai pusat budaya Jawa ini yang membuat kampus ini diincer banyak orang. Saya sebenarnya juga mau ;;-;;

Ah sudahlah—

Mari lanjut.

3.  Universitas Indonesia (Depok, jawa Barat) – www.ui.ac.id

Kampus dengan ciri khas nya yaitu almamater kuning ini juga jadi impian besar saya tentunya—err maksudnya juga bagi semua orang sih. Karena letaknya yang tidak jauh dari Jakarta sehingga banyak sekali orang-orang yang berbondong-bondong masuk kesini. Menurut pengalaman saya yang sudah beberapa kali ke UI (yha, cuman main doang, bukan kuliah) kampus ini tuh, aduhh.. Bisa dibilang kampus yang paling mudah di akses. Bayangin, ada stasiun UI, bis kuning yang super ademmmmmm dan nyaman bin gratis untuk mahasiswa UI dan umum, perpustakaanya yang sebelas dua belas sama mall. Maka nikmat mana lagi yang engkau dustakan—.

Masuk UI? Berjuanglah untuk melalui tes SIMAK UI ya bebz.

4.    Universitas Brawijaya (Malang, Jawa Timur) – www.ub.ac.id

Letaknya memang jauh dari Jakarta tapi ternyata kampus ini juga super. Jurusannya juga banyak jadi gak perlu khawatir~ Tapi kalian yang mau kuliah disini ya siap-siap harus pisah rumah sama orang tua a.k.a ngekos. Yaaa gapapa laaah jadi anak kos-kosan, kapan lagi hidup mandiri buat nyiapin masa depan~ 8D

Biasanya kan kalau pilih kampus di SNMPTN/SBMPTN suka harus pilih kampus yang beda provinsi gitu kan ya, nah jadikanlah UB ini sebagai pilihannya! Mangat bro!

5.    Universitas Sebelas Maret (Surakarta, Jawa Tengah) – www.uns.ac.id

Kampus ini letaknya masih di pulau Jawa kok, kualitas juga bersaing nih! Walaupun saya juga belum pernah mengunjungi kampus ini tapi teman saya ternyata ada yang masuk hiks. Yaudin, namanya juga rejeki.

Nah buat yang mau ngecek info lebih lanjut bisa langsung klik tuh link kampusnya~

6.    Universitas Airlangga (Surabaya, Jawa Timur) – www.unair.ac.id

Surabaya, bisa! Nih buat kamu yang juga senang kuliah jauh-jauh mending masuk sini. Unair memang sudah dikenal bagus dan teman-teman saya banyak yang ngincer dan recommended juga nih. Kalau masalah jurusan sih gak perlu takut lah, yang penting berjuang aja dulu buat masuk tesnya huehuehuehuehe.

7.    Universitas Pendidikan Indonesia (Bandung, Jawa Barat) – www.upi.ac.id

Cek, cek, ekhem. Hai haai buat para calon guru, yuk merapat ;) Inilah kampus dengan penghasil guru-guru terbaik Indonesia. UPI dan UNJ memang merupakan kampus yang menonjol di bidang pendidikan, namun untuk di provinsi Jawa Barat sendiri hanya UPI yang merupakan satu-satunya PTN pendidikan. Guru saya waktu sekolah dulu juga banyak kok yang lulusan sini. Eh kok perasaan tua amat yak gue -__-“

Yowes, buat yang ingin menjadi pahlawan tanpa tanda jasa bisa cuuss pilih kampus ini yah~

8.    Universitas Gunadarma (Depok, Jawa Barat) – www.gunadarma.ac.id

Yosh! Satu-satunya kampus swasta yang lolos 10 besar PT terbaik. :3 Katanya orang-orang sih kampus ini ketjeh di ilmu komputernya (makanya mahasiswa ilkom paling bejubel disini -___-). Yak, kampus ini lagi nge-trend akhir-akhir ini karena beberapa tahun terakhir namanya selalu masuk jajaran 10 kampus terbaik bersanding dengan PTN lainnya. Cuman yha, karena lokasi yang terpampang adalah Depok makanya fasilitasnya emang lebih ngejreng di Depok daripada di kampus-kampus cabangnya seperti di Kalimalang, Bekasi dan Karawaci, Tangerang. Dan ingat, hati-hati buat yang mau masuk sini, gedungnya ada dimana-mana. Kurang lebih ada 15 gedung kampus yang tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Kalau dihitung total luas tanahnya ternyata sudah setara sama kampus UI lho! Cuman yha, hari gini mana ada tanah nganggur seluas UI.

Buat yang ingin masuk sini yaa gapapa buat cadangan takut-takut gak diterima di PTN. Nyesek sih tapi mau gimana lagi. Tapi disarankan untuk menyediakan uang semesteran lebih besar karena denger-denger uang gedungnya naik untuk tahun ajaran 2015/2016. So, saya cuman bilang, semangat.

9.    Universitas Diponegoro (Semarang, Jawa Tengah) – www.undip.ac.id

UNDIP, yhaaa sudah tak asing lagi di telinga kita. Kampus ini akhir-akhir ini juga sering masuk 10 besar PT terbaik. Oleh karena itu, jumlah pendaftar yang ingin masuk kesini pun melonjak tajam dari tahun ke tahun. Lokasinya sih masih di Semarang, belum jauh-jauh amat laah dari Jakarta.

Jurusannya? Selaw, di negeri tuh pasti banyak jurusannya. Nah, buat yang siap-siap menginjakkan kaki disini yuk monggo cek webnya, yo!

10.Institut Pertanian Bogor (Bogor, Jawa Barat) – www.ipb.ac.id

Kampus ini andalannya Kementerian Kehutanan dan juga Kementerian Pertanian dan Kelautan, nih! Namanya juga Indonesia yang didominasi oleh lautan dan sawah ya harus terus dikembangin dong! Nah, buat yang cinta alam, boleh baaaaangeeett masuk sini. Tapi tenang, kok. Meskipun namanya Institut Pertanian, jurusan yang disediakan gak semuanya tentang pertanian kok. Ada ilmu komputer, komunikasi, teknik sipil dan lingkungan, manajemen sampai ekonomi syariah. Jurusan eksak seperti matematika, fisika dan kimia pun ada!

Peminatnya banyak, nih! Yuk jadi ajang gengsi kamu untuk jadi Sarjana IPB! ;)

Nah, tadi sudah nih dijabarkan 10 PT terbaik, dimana ada 9 negeri dan 1 swasta. “Terus aku juga mau nyari kampus swasta nih buat cadangannya”, nih ada 20 PTS terbaik yang masih diambil dari 4icu.

1.                Universitas Gunadarma (Depok, Jawa Barat)
2.                Universitas Bina Nusantara (Jakarta)
3.                Universitas Mercu Buana (Jakarta)
4.                Universitas Udayana (Bandung, Jawa Barat)
5.                Universitas Muhammadiyah Malang (Malang, Jawa Timur)
6.                Universitas Narotama (Surabaya, Jawa Timur)
7.                Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Yogyakarta)
8.                Universitas Komputer Indonesia (Bandung, Jawa Barat)
9.                Universitas Muhammadiyah Surakarta (Surakarta, Jawa Tengah)
10.            Universitas Sanata Dharma (Yogyakarta)
11.            Universitas Kristen Petra (Surabaya, Jawa Timur)
12.            Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Jakarta)
13.            Universitas Esa Unggul (Jakarta)
14.            Universita Atma Jaya Yogyakarta (Yogyakarta)
15.            Universitas Trisakti (Jakarta)
16.            Universitas Kristen Maranatha (Bandung, Jawa Barat)
17.            Universitas Kristen Satya Wacana (Salatiga, Jawa Tengah)
18.            Universitas Katolik Pelita Harapan (Tangerang, Banten)
19.            Universitas Widyatama (Bandung, Jawa Barat)
20.            Universitas Pembangunan Nasional Veteran (Yogyakarta)

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya bagikan hari ini~ Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penyampaian saya kali ini ehe~

Buat adik-adik yang akan memasuki tahap seleksi masuk perguruan tinggi, saya ucapkan selamat berjuang dan semangat selalu! Pertimbangkan juga biaya yang akan kita keluarkan tiap semesternya. Lebih ekonomis, lebih hemat! :D

Sekali lagi, yang akan menentukan kalian selanjutnya adalah diri kalian sendiri BUKAN dari mana kalian lulus kuliah. Kampus-kampus tersebut hanya memberi kalian sarana dan sedikit ilmu mengenai prodi yang kalian pilih, selanjutnya adalah bagaimana kalian mengembangkan ilmu tersebut.

So, akhir qalam! Wassalaamu’alaikum~~~~


Deby Silarny Priscilina

1 komentar:

  1. ITB mah kampusnya aja keren banget dan adem, betah deh ahaha

    BalasHapus

Instagram