Ciyee Yang Terserang Penyakit Writer's Block

Nyari ide. Sumber
Assalaamu’alaikum! Pernah mengalami writer’s block? Merasa suka mandeg kalau lagi nyari ide menulis? Suka bingung kalau lagi kepengen menuh-menuhin blog kita dengan tulisan apa?

Kalian gak sendiri kok.

Hmm, ini tuh bisa dibilang masalah blogger atau penulis buku yang one does not simply banget. Pasti suatu saat kita bakalan ngalamin hal kayak begini, apalagi yang masih baru-baru punya blog yang isinya masih suci, bersih, tak berdosa /? Biasanya paling engga latihan nulis dengan cara curcol (curhat celama online /bukan) tentang keseharian si empunya blogger buat pemanasan. Misal, lagi suka sama orang, diputusin, dicuekin, di php-in, macem-macem pokoknya. Atau mungkin kamu abis dari acara apa gitu, abis ngisi sebuah perhelatan penting /ciaelah/ terus mau sharing dikit ke temen-temennya tentang pengalamannya itu. Atau engga kalian suka ngintip-ngintip blog punya tetangga dulu nih, kira-kira kalau blognya si doi gimana ye~ ehehehehe.

Nah, yang terakhir itu yang cukup banyak dilakukan sama para blogger yang mau ningkatin traffic blog nya, biasa disebut blogstalking. Eh salah, maksudnya blogwalking./digaplok

Blogwalking itu penting kok, buat jadi parameter kita sekalian buat cari topik pembicaraan buat blog kita. Kali aja entar abis intip blognya si doi terus dapet ilham deh. Ide bakalan datengin kita kok kalau kita berusaha buat ngundang dia ke otak kita. Setelah itu, kita tuang sedikit demi sedikit kata yang sudah sempat menghinggapi otak nih, jangan sampai lolos gitu aja. Mumpung lagi inget, tulis aja, bahaya kalau keburu lupa. :|

Terus, kalau di tengah jalan tiba-tiba idenya abis, stalk lagi tuh blog-blog lain yang topiknya gak jauh sama artikel yang lagi dibikin (pls banget jangan co-paste ya, kecuali kita pasang sumbernya). Meskipun ada beberapa kalimat atau paragraf yang kita dapetin dari tulisan orang, sebisa mungkin kita juga tambahin kata-katanya sendiri. Minimal kita punya usaha buat ngelatih diri sendiri buat ngebiasain nulis apapun, sebagus ataupun sejelek apapun. Yang penting ada tulisan yang kalian coba tulis sendiri di dalamnya.

Lebih gereget lagi kalau artikel kita terinspirasi dari buku. Kita jadinya gak melulu pasang sumber link blog orang aja di akhir artikel, sekali-kali kita juga paparin judul buku orang. Belajar buat perbanyak cari inspirasi dari buku, karena banyak dari para blogger terdahulu yang menjadi blogger sukses bahkan jadi penulis hebat karena banyak membaca buku.

Oke, mungkin tips-tips di atas udah agak mainstream dijelasin sama blogger gitu ya. Kalau kita search di google pasti udah ratusan artikel yang ngebahas writer’s block kayak gini. Tapi tenang, mungkin tips yang satu ini bisa semakin membantu.

Ya, inspirasi itu bisa kita dapatkan dari mana saja, gak harus selalu dari tulisan yang sudah ada ataupun dari buku-buku di perpustakaan. Bisa saja kita dapatkan inspirasi dari orang lain. Bisa dari biografi orang sukses, orang-orang miskin yang hidup begitu sulit ataupun dari berita-berita yang sedang hangat diperbincangkan. Kalau dirasa masih terlalu mainstream, mungkin kita bisa memanfaatkan update-an status temen kita. Bisa dari facebook, twitter, path dan semacemnya.

Contohnya begini..
 
contoh temen yang pernah alay
Gaes, jangan pernah meremehkan kualitas tulisan yang seperti ini. Bagi orang-orang yang memiliki sudut pandang yang selalu positif, tulisan ini justru bisa menjadi sebuah artikel yang bisa mengubah pikiran banyak orang. Bisa saja kita bikin artikel tentang ‘Gak Galau Gak Rame’ yang ngebahas fenomena galaunya orang Indonesia yang sudah terlalu mainstream. Atau ‘Studi Kasus Zaman Pra-Alay dan Setelahnya’ yang ngebahas perbandingan masa sebelum alay itu ada, saat menjadi alay dan setelah taubat.

Judul artikel bisa kok di tikung dikit :v Yang penting, nantinya kita jelasin di dalam artikel tersebut kenapa dikasih judul seperti itu. Nah, pemberian judul artikel yang menarik dan ‘langka’ juga bisa bikin orang tertarik buat baca artikel kita, lho. Syukur-syukur orang yang main ke blog kita sekalian ngasih jejak di komentar. :D

Oke, tipsnya segitu aja gak usah kepanjangan, capek ngetiknya pasti juga capek bacanya kan.

Oh iya, saya cuman mau ngucapin selamat dan sukses buat para blogger baru dan terus semangat! Buat yang sesepuh juga gak boleh kalah sama yang statusnya masih jadi blogger magang macem saya. :D

Deby Silarny Priscilina

1 komentar:

  1. haha bener-bener kak, kadang-kadang bingung mau ngisi blog dengan tulisan yang seperti apa-_-

    BalasHapus

Instagram