Manusia dan Tanggung Jawab

   
Tanggung jawab. Sumber.
 
      Manusia memiliki banyak tanggung jawab dalam hidupnya. Itu mengapa bahwa tugas dan amanah yang telah diberikan kepadanya begitu berat untuk dijalankan. Berikut adalah penjabaran mengenai manusia dan tanggung jawab.

      1.       Pengertian Tanggung Jawab

 Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tangung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

2.
    Macam -  Macam Tanggung Jawab
Manusia berjuang untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dan adapun untuk kebutuhan orang lain. Dalam usahanya setiap manusia menyadari bahwa ada kekuatan lain yang ikut menentukan dan membantunya yaitu kekuasaan tuhan.Dengan demikian tanggung jawab itu dapat di bedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuat nya. Berikut ini merupakan beberapa jenis tanggung jawab, yaitu :
·        Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri itu menuntut kesadaran akan diri kita untuk memenuhi kewajiban sendiri dan mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.Apa yang telah kita lakukan harus menerima resikonya sendiri.
·       Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga, tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejaterahaan ,keselamatan,pendidikan dan kehidupan. Sebagai anggota keluarga kita harus saling menjaga nama baik keluarga dengan sikap dan perbuatan yang kita lakukan di dalam kehidupan bermasyarakat.
·      Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain karena manusia kedudukannya sebagai makhluk sosial yang membutuhkan manusia lain maka kita harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut. Berinteraksi didalam suatu kehidupan masyarakat sangat dibutuhkan karena itu bisa membuat kita saling mengenal satu dengan yang lainnya.
·        Tanggung Jawab Kepada Bangsa / Negara
Suatu kenyataan lagi bahwa tiap manusia, tiap individu adalah suatu warga negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, dan bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma yang di buat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara atas apa yang telah ia perbuat. Kita harus menjaga nama baik bangsa dan negara kita sendiri dengan prestasi-prestasi anak bangsa.
·       Tanggung Jawab Terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupan manusia agar tanggung jawab langsung terhadap tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam jenis agama. Menerima hukuman di akhirat nanti atas apa yang telah kita lakukan selama hidup didunia ini.

3.    Tanggung Jawab Mahasiswa Saat dan Setelah Kuliah
Tanggung jawab mahasiswa tak sekedar datang kekampus,mengisi absensi lalu duduk manis mendengar dosen mengajar. Lebih dari itu  , seorang mahasiswa dituntut untuk dapat tak hanya menguasai materi , namun juga diharapkan dapat mempraktekannya. Seorang mahasiswa dituntut memiliki IPK  yang tinggi karena, tuntutan dunia pekerjaan. Persyaratan pertama yang harus terpenuhi adalah mempunyai IPK min 3.0 sebelum melangkah ke tes selanjutnya terkadang hal itulah yang menjadi momok yang besar bagi seorang mahasiswa yang memiliki IPK yang standar , namun dalam praktek dapat melampaui mahasiswa yang memiliki IPK yang tinggi.
Seorang mahasiswa juga memiliki tanggung jawab setelah ia menyelesaikan masa studinya . Diharapkan mahasiswa tersebut dapat mengimplemetasikan ilmunya bagi masyarakat dan dapat mengaplikasikan ilmunya dikehidupan . Selain itu , ia diharapkan dapat menjaga dan mempertanggungjawabkan gelar yang ia peroleh dengan susah payah. Mempertanggungjawabkan dalam hal ini memiliki arti bahwa ia diharapkan menguasai ilmu yang diambilnya jangan sampai orang-orang menjulukinya sarjana ecek-ecek yang mendapatkan gelar hanya sebagai pemanjang nama.


Sumber:
http://seputarcoretanintan.blogspot.com/2015/06/manusia-dan-tanggung-jawab.html
http://sosialdasar.blogspot.com/2011/03/manusia-dan-arti-tanggung-jawab.html
http://triicecsfabregas.blogspot.com/2011/11/manusia-dan-tanggung-jawab.html

Deby Silarny Priscilina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram