Generasi SD Millenium




Assalaamu’alaikum! Mana anak generasi SD millenium? :D

Oke, buat gue ini penting gak penting sih buat dibahas, cuman ya. Ngeliat perbedaan anak-anak SD dari zaman ke zaman bikin semakin......ckckckckckckckck. Kalian tahu lah maksud gue apa. Tapi, terlepas dari itu, gue punya satu poin yang nampaknya masih bertahan di kalangan anak-anak sekolah masa kini.

Tahu pianika? Yang gak tahu berarti gak seumuran. :D

Alat musik yang satu ini mulai ngeksis di awal tahun 2000-an dan pada saat itu gue masih kelas 2 SD. Masih polos.

Polos.

Polos.

Pianika ini emang alat musik yang udah agak modern, tapi diawal kemunculannya masih jarang yang pake karena waktu itu masih musim banget zaman suling atau recorder (bukan yang buat ngerekam itu -_-). Pada umumnya, setiap pianika punya 19 tuts putih dan 13 tuts hitam, dimainkan dengan cara ditiup (inget, sambil dipencet juga tutsnya). Tiupannya ada yang pake selang, ada yang engga, bahkan langsung ditiup di lubangnya.

Tiup lubangnya................................ /heh

Nah, awal sejarah gue tahu pianika, gue agak bingung kenapa dulu emak gue tiba-tiba ngajak gue ke pasar buat nyari benda begituan. Lah, emang dasar guenya gak tahu dan belum disuruh sama bu guru juga, jadi buat apa? Hingga akhirnya dibelilah sebuah pianika biru bermerk Yamaha. Entah gue lupa harganya berapa, yang jelas berapapun harganya, pianika ini bener-bener punya nilai sejarah yang lebih mahal dibandingkan harga asli pianika itu. Agak lebay sih, tapi emang ini adalah awal gue jadi mulai belajar musik dan jadi suka nyiptain nada-nada gaje gitu.

Pianika gue yang udah setia sama gue selama sepuluh tahun dan masih tetap prima :')

Dan tibalah saatnya pianika ini dipergunakan. Biasalah, awal-awal belajar mah mainnya lagu Indonesia Raya dulu, terus Mengheningkan Cipta, pokoknya lagu-lagu yang biasa dipake buat praktek Kertakes (ini nama lain Seni Budaya versi jadulnya, eh salah, pada masa gue masih polos SD).  Berlanjut, karena bosen sama lagu yang itu-itu aja, akhirnya gue coba-coba lagu wajib lain, bahkan sampai lagu-lagu alay pun sampai gue coverin, sayang aja gak gue masukin ke Youtube.

Oh belum ada ya.

Kalian tahu lah yaa, lagu-lagu alay pas awal tahun 2000-an kayak lagu-lagunya Peterpan, Ungu, Sheila on 7, Ari Lasso, terus yang agak kekinian tuh lagu-lagunya Letto, Kerispatih, pokoknya banyak deh (meskipun ini lagu alay tapi masih jauh berkelas daripada lagu-lagu sekarang, setuju gak?). Bahkan dulu saking seringnya gue nge-cover lagu, temen-temen sekelas gue sering banget minta not lagu yang lagi pengen mereka coba, ada yang akhirnya dibayar dengan traktir dan banyak lagi. Dan pucaknya, gue ditunjuk jadi ketua grup musik pianika buat manggung di acara perpisahan. Keren ya, masih SD udah manggung.

Semenjak SMP, pianika ini masih suka dipake buat ujian praktek musik, cuman intensitas penggunaannya udah jauh menurun kalau dibandingin sama waktu masih SD. Gatau juga sih kenapa, lupa. Udah agak bosen aja kali ya. Dan sekarang, pianika ini udah dimuseumin di lemari, udah berapa lama ya gak main pianika............... Foto pianika di atas tadi aja itu baru pertama kalinya gue keluarin lagi dari lemari setelah, mungkin udah dua tahun gak nyentuh sama sekali. Gara-garanya, gue denger ada anak lagi mainin pianika dari sebuah rumah sambil belajar main lagu wajib gitu. Ya, akhirnya ikutan nostalgila dan terbitlah artikel gaje yang satu ini. :”D

Oke, ini adalah sekelebat curcol gaje gue kali ini. Udah lah, gue bingung abisnya mau nulis apa tapi lagi kepengen ngeblog, gimana dong ._. ya, maap yak kalau tulisannya bikin ngerusak mata.


—Punya pengalaman unik juga gak sewaktu main pianika? Share nyoook di kolom komentar! /o/

Deby Silarny Priscilina

10 komentar:

  1. Jadi inget dulu waktu SD, kebagian jatah main pianika pas DrumBand. Waktu itu pianika gue masih pianika tanpa merk, eh nangis-nangis minta beli pianika merk Yamaha-__- soalnya Yamaha punya suara lebih kenceng *maaf bukan promosi*

    Sampe sekarang pianika juga masih ada. Cuma butuh selang baru buat menggantikan selang yang udah penyok-penyok._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selang gue juga udah ditambel berkali" tuh pake lakban wkwkwkwkwkwk bodo amat ah orang udah ga pernah dipake lagi

      Hapus
  2. alat musik fav pas masih SMP :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku SD masa mpok...... yah brasa tuaan gue masa :"

      Hapus
  3. Setau gw Peterpan ga alay dah, tapi tergantung selera orang sih, haha

    BalasHapus
  4. Wah ak juga pernah belajar ne pianika waktu SMP,
    Waktu itu belajarnya lagu indonesia raya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti lagu wajib kapanpun dimanapun yah :"D

      Hapus
  5. Jaman SD tahun 200an gue belum kenal alat musik.. gue keal alat musik kelas 6 SD, itu aja gitar.. (T.T)

    BalasHapus
  6. Gue nggak paham sih, definisi "alay" di sini apa. Meskipun itu bukan selera musik gue, sebaiknya lebih hati-hati deh, menggunakan istilah kayak gitu. Soalnya itu soal selera masing-masing juga, ya nggak? Takutnya, yang suka musik itu tersinggung. :D

    Btw, pianika bikin bete itu air liurnya ngendap di pipanya. Hahaha. Harus sering dibersihin kalo nggak bau dan bisa berlumut.

    BalasHapus

Instagram