Kecehan Organisasi Apa Komunitas?


Assalaamu’alaikum! Gimana gaes, diantara kalian ada gak yang selama ini pengertian dari dua subjek di judul itu sering disama-artikan? Kalau gue jujur, iya. Nah, karena gue istilahnya masih baru-baru aja ikutan komunitas jadi gue pun juga baru tahu bedanya.

Jadi, awal gue mudeng kalau komunitas itu agak beda sama organisasi itu sejak di jurusan gue ada mata kuliah Teori Organisasi Umum. Jelas, matkul itu isinya teori-teori semua dan yaa, gitu deh. Nah, menurut materi yang gue dapet dari dosen gue, organisasi itu merupakan sekumpulan orang atau badan yang mempunyai tujuan yang sama, dimana pandangan dari organisasi tersebut terbagi menjadi dua; sebagai tempat dimana kegiatan manajemen dijalankan dan sebagai proses untuk memperhatikan interaksi atau kerjasama antar orang-orang yang menjadi anggota.

Kalau dilihat dari pengertiannya, hmm, kayaknya pemahamannya sih gak jauh beda sama fungsi komunitas kan ya? Komunitas juga dibentuk kan karena memiliki tujuan yang sama, ketertarikan yang sama, hobi yang sama dan banyak lagi. Dalam pelaksanaannya pun juga gak jauh beda, komunitas juga bisa digunakan sebagai wadah interaksi dan manajemen.

Ternyata, setelah gue tanya ke dosen gue, sebenernya memang fungsi dan tujuan dari organisasi dan komunitas itu hampir sama, yang membedakan adalah dari sistem keterikatan dan tanggung jawabnya. Kalau organisasi dibentuk lebih formal, memiliki kedudukan atau jabatan dan biasanya harus melakukan beberapa seleksi atau tes yang cukup spesifik untuk memilih anggotanya. Nah, kalau komunitas kan sifatnya lebih informal, siapa aja boleh gabung yang penting tahu aturan-aturan yang berlaku. Dan biasanya kalau komunitas itu dibentuk karena suatu hobi atau ketertarikan akan suatu hal dengan jumlah anggotanya yang gak ada batasannya (malah biasanya semakin banyak anggotanya berarti menggambarkan kalau komunitas itu berhasil) sedangkan kalau organisasi itu, hmm kayaknya gue belum pernah denger sih kalau organisasi dibentuk karena suatu hobi, tapi yang jelas jumlah anggotanya terbatas dan harus memiliki tingkat kecerdasan dan jiwa kepemimpinan yang tinggi. Walaupun sebenernya, di dalam komunitas bisa aja dibentuk sebuah organisasi kecil untuk mengondisikan urusan-urusan komunitas itu. Ya, kalau komunitas gak punya ketua gimana mau kondusif? Kalau pendiri komunitasnya misalnya udah meninggal, masa gak ada penerusnya buat ‘mimpin’ komunitas itu? Juga sekretaris dan bendahara, pasti komunitas juga butuh uang simpenan sama orang yang bisa nulis atau yang suka nyatet-nyatet masukan dari anggotanya, kan? Ya kali aja suatu saat komunitasnya mau ngadain acara gitu? Kopdar bareng, bikin seminar dan yang lainnya.

Terlepas dari itu, baik organisasi maupun komunitas, dua-duanya punya manfaat yang sama bagusnya kok. Kita diajarkan buat melatih diri kita untuk bicara dan mengutarakan pendapat, punya temen baru, bisa saling tukar informasi sama pengalaman, ketemu sama orang-orang yang punya jam terbang yang keren di bidangnya, pokoknya semuanya positif! Asal, jangan ikut-ikutan kelompok yang bergelut sama miras sama narkoba aja.

Satu lagi, dengan bergabung di organisasi atau komunitas, kita bisa dapetin ilmu yang gak akan kita dapetin di dalam kelas. Gaes, belajar itu bukan cuman mandek duduk sambil nguap-nguap dengerin guru atau dosen lagi nerangin pelajaran, yang terpenting itu kalau ilmu yang kita dapet bisa kita pake di luar dan syukur-syukur bermanfaat bagi orang lain. Percuma juga, berangkat pagi pulang malem kalau ilmunya aja udah terbang kebawa angin pas lagi menuju rumah. Coba-coba aja laah rasain sensasinya ikut organisasi atau komunitas, atau dua-duanya, mumpung masih muda dan masih diberi fisik yang kuat. Yaa, iya lah capek, asal pahamin aja cara kerja tubuh kita sama ngatur waktunya, in syaaa Allaah bisa berjalan semestinya kok. Ingetin nih kata-kata yang satu ini,

“Jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, maka kau harus sanggup menahan perihnya kebodohan.”

Imam Syafi’i

Jadi gimana? Tertarik buat ngikutin tantangan dari gue? Kalau udah ngerasain efek positifnya, cerita-cerita yaa sama gue! /o/

Oke, itu aja sedikit penjelasan tentang organisasi ataupun komunitas. Maap yak kalau pengertiannya agak susah dimengerti, abisnya sih selama ini belum ada yang ngertiin aku :” /heh


YAUDAH SEGITU AJA, KALAU MAU NAMBAHIN JUGA BOYEH KOK! DITUNGGU YAAAK DI KOLOM KOMENTAR /o/ TERIMA KASIH~~

Deby Silarny Priscilina

2 komentar:

  1. Di organisasi gw belajar kepemimpinan, kalo di komunitas gw belajar kolaborasi :)

    BalasHapus
  2. blogwalking, salam kenal kakak, saya suka sama tulisan tulisannya ^_^ mampir d tempat saya saja ya, kali aja nemu sesuatu yang bermanfaat
    senyum-iin.blogspot.co.id

    BalasHapus

Instagram