Teori Organisasi


Dalam kehidupan sehari-hari, berkomunikasi adalah sebuah cara mendapatkan informasi yang tidak luput dari kehidupan bersosial. Saling berkomunikasi dapat dilakukan antar manusia baik dalam keluarga, kerabat, teman bahkan rekan kerja. Di era globalisasi yang kini terjadi secara tidak langsung telah membuat manusia dituntut untuk berkembang sesuai dengan zaman. Kemajuan di bidang teknologi dan pengetahuan adalah satu penyebab dalam kecenderungan untuk bergabung dalam sebuah organisasi. Dengan latar belakang untuk mencapai tujuan bersama inilah yang memotivasi banyak orang untuk membentuk organuisasi.

Di dalam organisasi pun, kita dituntut untuk menjaga perilaku dan sopan santun. Kita harus tahu bagaimana cara bersikap kepada atasan kita ataupun sebaliknya. Organisasi yang baik bukanlah mengenai seberapa tinggi jabatan tapi bagaimana caranya untuk menjaga situasi organisasi agar tetap kondusif dan berpegang teguh pada amanat serta tanggung jawabnya terhadap jabatannya tersebut. 
Organisasi yang terbentuk demi mencapai tujuan bersama. Sumber.

Ilmu organisasi merupakan ilmu yang penting dimiliki, karena dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi. Di mulai dari lingkungan yang sederhana dari keluarga, hingga struktur yang rumit seperti organisasi pemerintahan.

a. Ciri-ciri Organisasi
Adapun ciri-ciri organisasi:
– Mempunyai tujuan & sasaran
– Mempunyai keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
– Adanya kerja sama dari sekelompok orang

– Mempunyai koordinasi tugas dan wewenang

b. Unsur-unsur Organisasi Modern

Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:

Man
Man (orang-orang), dalam kehidupan organisasi atau ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personnel. Pegawai atau personnel terdiri dari semua anggota atau warga organisasi, yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari unsur pimpinan (administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, para manajer yang memimpin suatu unit satuan kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing dan para pekerja (nonmanagement/workers). Semua itu secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.

Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.

Tujuan Bersama
Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola (network).

Peralatan (Equipment)
Unsur yang keempat adalah peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).

Lingkungan (Environment)
Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu,

c. Teori Organisasi

Teori Organisasi muncul pada abad 19 yang dilatar belakangi oleh revolusi Inggris dan kelahiran perusahaan raksasa yang ada di Amerika Serikat.

Teori klasik kadang disebut teori tradisional yang berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun seribu elapan ratusan.Dalam hal ini,organisasi secara umum digambarkan oleh para teoritis klasik sebagai sangat sentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialiassi,serta menberikan petunjuk mekanisme structural yang kaku tidak mengandung kreatifitas. Teori klasik berkembang dalam 3 aliran yang dibangun atas dasar anggapan-anggapan yang sama dan mempunyai efek yang sama, yaitu :teori birokrasi,teori administrasi dan teori manajemen ilmiah.

Teori organisasi Neoklasik. Teori  neoklasik dikenal sebagai teori hubungan manusiawi dan dikembangkan atas dasar teori klasik.Anggapan dasar teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya,sebagai sekelompok orang dengan tujuan bersama. Percobaan-percobaan di Howthrone yang dilakukan dari tahun 1924 sanmpai 1932 menandai permulaan perkembangan teori hubungan manusiawi.Percobaan ini merupakan kristalisasi teori neokalsik.Penemuan Howthrone telah menambah dimensi baru bagi teori organisasi.Dan pada akhirnya percobaan-percobaan Howthrone menunjukkan bagaimana kegiatan kelompok-kelompok kerja kohesif sangat berpengaruh pada operasi organisasi.

Teori organisasi modern disebut juga analisa system pada organisasi merupakan aliran terbesar ketiga dalam teori organisasi dan manajemen.Teori ini melihat bahwa semua unsure organisasi merupakan satu kesatuan dan saling ketergantungan yang didalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil,tetapi organisasi merupakan system yang terbuka.

Organisasi yang baik menurut saya adalah dapat dijadikan wadah untuk berkembang, bekerjasama dan mencapai tujuan bersama dengan menerapkan azas kekeluargaan. Setiap anggota seharusnya dapat saling menerima apapun keputusan yang akan diambil oleh pemimpin dan harus dilaksanakan demi kebaikan seluruh elemen organisasi, baik internal maupun eksternal. Organisasi merupakan tempat untuk mendewasakan diri, tidak mengedepankan ego sendiri dan harus bisa menjalin kerjasama yang baik sehingga tidak terjadi miskomunikasi antar anggota.


3. Analisis

Perkembangan organisasi dari zaman ke zaman menciptakan banyak teori organisasi yang bermuculan, dengan berbagai macam serta keunggulannya yang berbeda. Perkembangan tersebut telah melahirkan banyak pemikiran yang dinamis dan semakin sesuai dengan era kini. Semakin tinggi kebutuhan manusia akan bantuan sesamanya akan menciptakan sebuah kerjasama yang lebih erat dan etos kerja yang semakin besar. 

Inti dari sebuah organisasi adalah bagaimana cara para anggota dapat menjalin kerjasama yang baik untuk mencapai tujuan bersama serta dapat menjaga eksistensi organisasi agar tetap harmonis. Adaptasi yang cepat saat bergabung dalam sebuah organisasi dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk dapat berbaur.


4. Referensi

http://www.slideshare.net/sarkiah/tugas-teori-organisasi

Deby Silarny Priscilina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram