ORGANISASI SOSIAL



Nama : Deby Priscilina
NPM : 12114604
Kelas : 2KA28
Mata kuliah : Teori Organisasi Umum 2

ORGANISASI SOSIAL
1.     Organisasi sosial

Lingkup RT/RW di lingkungan saya adalah organisasi sosial yang wilayahnya kecil namun sangat baik karena disini mengutamakan kekeluargaan dan kesejahteraan masyarakat. Para pengurus RT/RW 03/016 adalah lokasi rumah saya dan terdapat sekitar 40 kepala keluarga dan beberapaa diantaranya adalah masyarakat singgah yang tinggal di kontrakan atau pendatang. Banyak kegiatan yang dilakukan terutama pada hari-hari besar.


2.     Kelebihan dan kekurangan organisasi di sekitar/lingkungan saya:

Kelebihan:

-        Mengutamakan gotong royong

-        Sering mengadakan aksi sosial dan simulasi kesehatan dan keamanan

-        Sistemnya terbuka dan demokratis

Kekurangan:

-        Kurangnya peran pemuda dalam organisasi (seperti kurang aktifnya karang taruna dan remaja masjid)


3.     Konflik yang sering terjadi adalah kesalahpahaman antar warga yang berujung pada aksi adu mulut dan saling mengusir.


4.     Konflik tersebut sempat membuat panik warga yang berada di sekitar rumah karena ketegangan tersebut. Kejadian seperti itu jelas membuat risih, tak jarang ketua RT turun tangan menyelesaikan masalah tersebut.


5.     Organisasi RT/RW di lingkungan saya termasuk organisasi sosial yang menggunakan sistem demokrasi. Organisasi tersebut sebenarnya jarang terjadi konflik yang ekstrim karena masyarakat dan jajaran pengurus RT/RW setempat saling menjaga komunikasi sehinga disaat konflik muncul maka saat itu juga diselesaikan. Kekurangan dari organisasi ini hanya pada generasi muda yang nampaknya kurang aktif dalam membangkitkan semangat sosial di lingkungan. Mereka banyak yang sibuk oleh kesibukan mereka sendiri sehingga organisasi pemuda seperti karang taruna atau remaja masjid agak terabaikan.

Deby Silarny Priscilina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram