Nama : Deby Priscilina
NPM : 12114604
Kelas : 2KA28
Mata kuliah : Teori Organisasi Umum 2
TIPE - TIPE ORGANISASI
1) Tipe Organisasi Apa yang kalian inginkan?
Tipe Organisasi yang saya inginkan
adalah Tipe Organisasi Fungsional dan Staf karena menyangkut semua tipe
organisasi dan dapat mengurangi permasalahan kekurangan di setiap
organisasi.
2) Faktor-Faktor
yang menentukan tipe organisasi?
Faktor – Faktor yang mempengaruhi
Organisasi.
A. Karakteristik
Organisasi
Karakteristik organisasi terdiri dari
struktur dan teknologi. Struktur diartikan sebagai hubungan yang relatif tetap
sifatnya, merupakan cara suatu organisasi menyusun orang-orangnya untuk
menciptakan sebuah organisasi yang meliputi faktor-faktor seperti deentralisasi
pengendalian, jumlah spesialisasi pekerjaan, cakupan perumusan interaksi antar
pribadi dan seterusnya. Secara singkat struktur diartikan sebagai cara
bagaimana orang-orang akan dikelompokkan untuk menyelesaikan pekerjaan.
B. Karakteristik
Lingkungan
Karakteristik lingkungan ini mencakup
dua aspek yaitu internal dan eksternal. Lingkungan internal dikenal sebagai
iklim organisasi. Yang meliputi macam-macam atribut lingkungan yang mempunyai
hubungan dengan segi-segi dan efektivitas khususnya atribut lingkungan yang
mempunyai hubungan dengan segi-segi tertentu dari efektivitas khususnya atribut
diukur pada tingkat individual.
C. Karakteristik
Pekerja
Karakteristik pekerja berhubungan
dengan peranan perbedaan individu para pekerja dalam hubungan dengan
efektivitas. Para individu pekerja mempunyai pandangan yang berlainan, tujuan
dan kemampuan yang berbeda-beda pula. Variasi sifat pekerja ini yang sedang
menyebabkan perilaku orang yang berbeda satu sama lain. Perbedaan tersebut
mempunyai pengaruh langsung terhadap efektivitas organisasi. Dua hal tersebut
adalah rasa keterikatan terhadap organisasi dan prestasi kerja individu.
D. Kebijakan
dan praktek manajemen
Karena manajer memainkan peranan
sentral dalam keberhasilan suatu organisasi melalui perencanaan, koordinasi dan
memperlancar kegiatan yang ditujuan ke arah sasaran. Kebijakan yang baik adalah
kebijakan tersebut secara jelas membawa kita ke arah tujuan yang diinginkan.
Kebijakan harus dipahami tidak berarti bahwa kebijakan harus ditulis (Amstrong,
1993: 49). Pada intinya manajemen adalah tentang memutuskan apa yang harus
dilakukan kemudian melaksanakannya melalui orang-orang (Amstrong, 1993: 14).
Definisi ini menekankan bahwa dalam organisasi merupakan sumber daya
terpenting.
Dari faktor kebijakan dan praktek manajemen ini, sedikitnya diindentifikasikan menjadi enam variabel yang menyumbang efektivitas yaitu: 1) penyusunan tujuan strategis, 2) pencarian dan pemanfaatan sumber daya, 3) menciptakan lingkungan prestasi, 4) proses komunikasi, 5) kepemimpinan dan pengambilan keputusan dan 6) inovasi dan adaptasi.
Dari faktor kebijakan dan praktek manajemen ini, sedikitnya diindentifikasikan menjadi enam variabel yang menyumbang efektivitas yaitu: 1) penyusunan tujuan strategis, 2) pencarian dan pemanfaatan sumber daya, 3) menciptakan lingkungan prestasi, 4) proses komunikasi, 5) kepemimpinan dan pengambilan keputusan dan 6) inovasi dan adaptasi.
Contoh Bagan
Organisasi !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar