Warning Post! Ini Dia Liburan Musim Panas Dengan Suasana Adem Maksimal di Nikko, Jepang!


Assalaamu’alaikum, gaes! Hohohohooo udah mulai masuk ke pertengahan bulan Mei aja nih! Oh iya, kalian sebagian udah pada libur UAS ya? Duuh duuhh indahnya kalian libur berbulan-bulan (dan disini gue masih berjuang dengan UTS yang gak kelar-kelar ahahahahaha /diem) dan yak! Siapa aja nih yang udah ngerencanain buat mudik? Atau ada yang mau liburan ala-ala piqniq tjantiq gitu? Atau ada yang kepengen liburan tapi gatau kemana? Atau kalian cuman hibernasi di kamar ya—



CIAAAAAT! Sedih ya mblo, liburan cuman semedi di kasur doang sampe lumutan. Sama, gue juga sih. Tapi, gak ada salahnya lah ya kalau gue sedikit berimajinasi soal liburan masa depan gue nanti—lebih tepatnya kapan-kapan. Uhuq, manusiawi lah yaa siapa sih yang gak mau liburan ke tempat-tempat gokil? Bosen kali ah berkelut sama suasana kuliah yang ngejelimet, aura rumah yang sumpek, jalanan yang udah jadi ladang polusi (bonus panas sama jalanan bopeng) yah tuhkan gue curhat lagi pfff tapi pokoknya, gue mau menyampingkan sejenak kegiatan kuliah gue dan sekali-sekali bikin planning luar biasa /?/ dalam hidup gue.  Yea.


Yha. Mbak DB nya lagi ngarep sodara-sodara.



Oke, liburan fiktif gue—oh gak, liburan ala imajinasi gue sih dari dulu kepengen ke Jepang gaes. Mainstream? Haha, masa sih? Mungkin gara-gara keseringan nyetel dorama sama lagu-lagu Vocaloid kali yaa hmmm. Ya biarin lah, wajar kalau ada orang suka jejepangan kepengen kesana. Anak kipopers aja bisa mimpi sambil kayang ketemu sama biasnya, kenapa gue enggak? Hohhohohoho—oke, gue rada lebay dikit. Intinya, ini gue udah jadi impian yang cukup lama terpendam sejak gue mulai menyukai Vocaloid lima tahun silam. Terus gue sering ngomong-ngomong “KIMI KAWAE KIMI KAWAEE DESHO NEE” ya najis amit-amit sumpah.



Mulai dari situ, satu demi satu temen gue diem-diem udah ngeduluin gue. YA QOQORO GUE MAH UDAH QUAT ATUH LAH. Tapi hmm, kebanyakan mereka sering banget kalau ke Jepang itu (lagi-lagi) melancong ke Tokyo, Akihabara. Tokyo lagi, Akihabara lagi. Woeee, Jepang gak sesempit itu juga kali, gaes! Nih, gue punya sedikit bocoran tentang tempat-tempat asyiq yang bisa kalian kunjungin selain dua kota itu! Dan tempat-tempat ini bisa jadi tempat semedi kedua kalian setelah di rumah, lumayaan mumpung di Jepang lagi musim panas nih. Tempat ini dijamin adem dan sejuq.



Lokasinya dimana? Ada di kota NIKKO! Baru pada denger kan yeeeeeu? Haha! Jadi, Kota Nikko ini merupakan salah satu kota yang terletak di prefektur Tochigi di Kanto region. Nah, karena terletak di wilayah prefektur, jadi kota ini menyimpan banyak sekali sejarah-sejarah masa lalu Jepang itu sendiri. Karena itu, tempat-tempat wisata bersejarah yang ada di kota Nikko ini sudah terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO, lho! WOW!



Semakin penasaran? Cuuuussss scroll terus artikel panjang gue yang satu ini ya, gaes!



1.    Jangan bilang pernah ke Nikko kalau belum mengunjungi kuil-kuil bersejarah disana!



Sayang banget kalau kalian dateng ke situs sejarah dunia kayak gini tuh  tapi gak ngunjungin kuil-kuilnya! Nah, ada beberapa kuil yang bisa kita kunjungin nih, gaes. Disini gue akan sedikit ngulik tiga kuil yang cukup terkenal di Nikko, yaitu:



a.    Kuil Rinno-ji

Kuil Rinno-ji ini merupakan komplek kuil Buddha yang dibangun oleh biksu Buddha bernama Shodo pada tahun 776. Di dalam komplek kuil ini, terdapat tiga bangunan yang terdiri dari bangunan Sanbutsudo, bangunan Shoyo-en dan rumah warisan Rinno-ji.



Kuil Rinno-ji dengan warnanya yang merah merona. Sumber.



Diantara ketiga bangunan tersebut, Sanbutsudo-lah yang paling populer di kalangan wisatawan. Kata ‘Sanbutsudo’ sendiri mengandung arti kata ‘tempat tiga Buddha’. Di dalamnya terdapat patung Amida berdaun emas, Kannon dengan seribu tangan (Senjuu-Kannon) dan Kannon dengan kepala Buddha (Bato-Kannon). Keunikan lainnya? Rahasia! :P



b.    Kuil Tosho-gu

Kuil selanjutnya yang wajib kalian kunjungin adalah Kuil Tosho-gu ini. Nah, keunikan dari kuil ini ada pada bangunan kuil yang dibalut dengan ukiran-ukiran kayunya yang sangat manis baik di dalam maupun di luar bangunan. Arsitektur kuil ini benar-benar kental dengan kebudayaan Jepang yang begitu khas.



Kuil Toshogu yang penuh ukiran. Sumber.



Kuil Tosho-gu ini merupakan kuil yang didekasikan kepada Leyasu Tokugawa yang merupakan pendiri Keshogunan Tokugawa di abad 17. Karena itu, bangunan ini sudah berusia lebih dari tiga abad lamanya, lho! Wow! Rahasianya terletak di kayunya yang kuat sehingga tahan cuaca dan tidak mudah lapuk. Selain itu, kuil ini terawat gaes jadi kalau ada yang rusak langsung dibenahin. Cakep banget lah!



c.     Kuil Futarasan

Kuil Futarasan Jinja ini adalah kuil Shinto yang letaknya berdekatan dengan Kuil Rinno-ji dan Sanbutsudo. Berbeda dengan kuil tetangga, di kuil Futasaran ini mengabadikan tiga dewa, yaitu Okuninushi, Tagorihime an Ajisukitakahikone. Yha, yang terakhir namanya agak panjang ya gaes. Nah, kuil ini juga termasuk salah satu peninggalan sejarah Jepang juga, lho! Sejarah apa? Ngg, pokoknya panjang deh ya.



Tampak luar kuil Futarasan. Sumber.


2.    Bertamasya ria ke taman nasional Nikko


Di Nikko cuman ada kuil-kuil aja? DOUBLE TRIPPLE NO! Di Nikko, ada taman nasional yang didalamnya mencakup beberapa situs wisata dan budaya yang disuguhkan dengan indah dan menawan banget pokoknya! Apalagi letaknya ada di wilayah pegunungan, dengan suasananya yang masih asri dan sejuk maksimal bakalan jadi liburan musim panas yang gak bakalan kerasa panas~



Ini tampak luar dari Taman Nasional Nikko. Sumber.



Taman nasional Nikko sudah dijaga oleh pemerintah Jepang sejak tahun 1934. Salah satu keunikan dari taman nasional Nikko ini adalah akses jalannya yang naik-turun dan berkelok-kelok. Dan kalian tau berapa total kelokannya? Ratusan—gak, totalnya ada 48 kelokan! Uhuq, jalan berkelok ini diberi nama Irohazaka, meskipun terdengar banyak tapi akses jalanannya sangat halus dan lebar sehingga mobil bisa leluasa meliuk-liuk diatas aspaaal uuuww~ Hati-hati mabok ya, gaes. Tapi gak perlu khawatir! Kalau sudah sampai di lokasinya mah bakalan lupa deh pasti sama maboknya.



Di taman nasional Nikko ini, ada beberapa wisata alam yang gak kalah indahnya juga gaes. Pertama, ada danau Chuzenji yang punya keunikan mirip sama peristiwa Danau Toba yang ada di Sumatera Utara, lho. Nih, kalau di danau Toba itu kan terbentuk murni karena letusan gunung berapi yang dahsyat, kalau danau Chuzenji ini awalnya bukan danau tapi sungai besar. Karena ada letusan gunung berapi dan runtuhan-runtuhan dari gunungnya nutupin aliran sungai tersebut. Jadilah ia berubah takdir menjadi danau yeeeey~ /apasih



Danau Chuzenji yang mempesona~ Sumber.



Kedua, ada air terjun Kegon. Air terjun ini memiliki ketinggian 97 meter, lho. Hmm, tinggi ya gaes. Nah, ada yang unik tentang masa lalu si air terjun ini nih! Jadi konon, ada remaja putri yang pernah bunuh diri disitu, lho! Namanya Misao Fujimura, dia adalah siswa elit di Jepang yang hidup di awal tahun 1900-an.




Diduga karena doi depresi karena banyak sekali tekanan dalam hidupnya, jadinya dia lebih milih mengakhiri hidupnya disini. Bahkan doi sempet bikin puisi yang berjudul “Perasaan di Puncak Karang” yang kayaknya sih isinya tentang apa yang dia rasain pada saat itu. Ada sumber yang mengatakan bahwa puisinya itu sempat disematkan di salah satu pohon di sekitar air terjun, tapi sekarang udah ditebang. Dan gara-gara doi, ternyata model bunuh diri di tempat ini malah jadi tren di Jepang. Tercatat lebih dari 145 kasus kematian yang terjadi, padahal selang waktunya hanya empat tahun dari kejadian si Misao-san tadi. Gaes, mbayangin coba, sekarang udah berapa ribu kasus kematian disitu ya.............



TAPI GAES, KALIAN GAK PERLU TAKUT! Meskipun air terjun ini punya histori yang agak ngeri, tapi pesona keindahannya bakalan bikin semua kesan ‘seram’ itu luntur seketika. Karena sesungguhnya tempat ini terlalu indah buat dijadiin ‘kuburan’ gaes. Sungguuuuuh :”D




Air terjun Kegon yang terlalu keren~ Sumber.



Uh, oke oke. Sekarang kita move on ke lokasi ketiga. Ada lagi yang namanya Yumoto Onsen. Apa itu? Yumoto Onsen itu semacem sumber air panas gitu gaes.  


Ini dia tampak atas dari Yumoto Onsen. Sumber.



Yumoto Onsen ini adalah salah satu spot yang cukup menarik karena lokasinya bersebelahan dengan danau Yukono dan ternyata sebagian besarnya terdiri dari ryokan (penginapan dengan bangunan khas Jepang) yang memiliki pemandian air panasnya. Wuuuuuw asyiq nih buat mandi pakai air yang anged anged heuheu—



3.    Ngeksis di festival yang unik abis~

Ada beberapa festival keren yang cuman ada di musim panas nih, yang pastinya gak boleh kita lewatin! Yang pertama adalah Nikko Summer Fireworks! Sesuai dengan namanya, festival kembang api ini diadakan hanya pada saat musim panas aja, tepatnya di awal bulan Agustus.




Cantik ya. Sumber.




Yang kedua adalah Festival Mendaki di Gunung Nantai. Nah, yang unik dari festival ini adalah bahwa festival mendaki ini ternyata telah diselenggarakan dari 1200 tahun lalu, lho! Festival ini biasanya diikuti oleh banyak pendaki setiap tahunnya. Mereka meyakini bahwa dengan mendaki gunung Nantai akan diberi kesehatan dan keberuntungan dalam berbisnis.



Ini lho gunungnya kalau lagi sunrise~ Sumber.


 

4.    Gak afdoooool kalau gak cip icip makanan khas nya kota Nikko

Bener apa bener, gaes? Orang kalau lagi piknik gak bakalan afdol kalau gak sambil nyobain makanan khas yang ada di tempat tersebut.



Itu sih gue, HAHA—YAK.



Seperti pada umumnya, di tempat wisata macem Nikko juga punya makanan khas yang ena-ena~ dan yang pasti bukan makanan Indonesia. Oke, yang pertama namanya Gyouza. Sebenernya makanan ini udah lumayan populer sih—mungkin cuman gue doang yang rada norak gitu yah belom pernah nyobain. Nah, gyouza ini tuh semacem pangsit yang isinya ada daging yang dicampur sama sayuran terus dikasih saus khas yang bahannya dari cuka kedelai. Kalau penyajiannya sih ada yang digoreng ada juga yang dikukus.



Ena lho gaes, jangan baper--eh laper. Sumber.



Eits, jangan ngiler dulu hueheuheuheuehuehue~ Ada makanan kedua yang namanya Yuba. Yuba ini sejenis kulit tahu gitu, soalnya bahan dasarnya itu dari sari tahu yang dibuat berlapis-lapis. Di Nikko, bentuk serta cara hidangan yuba ini ada macem-macem. Ada yang direbus biasa, ada yang dibuat sashimi (mentah) dan ada yang dicampur dengan soba (mie) yang disatukan dengan sayuran hijau dan kuah kaldu yang gurih-gurih enyoy~



Ini wujud yuba sebelum dicampur apa-apa. Sumber.



Jadi gaes, makin penasaran sama kota Nikko ini? Yak, mumpung kota wisata ini masih belum banyak yang tahu jadi kalian bisa foto-foto sepuasnya biar media sosial kamu makin ketjeh~

Kota Nikko ini mudah diakses kook, bisa naik kereta, bis, taksi dan sebagainya! Nah ini salah satu akses transportasi yang bisa kamu gunakan menuju Nikko, gaes!

Ini dia transportasi yang bisa kamu gunakan untuk sampai ke Nikko! Sumber.


Dan, oh! Tiba-tiba kepikiran buat rencanain liburan di Nikko? Terus sekarang lagi mikir keras buat kesana? HAHAHAHAHAHAHA! GAK PERLU GALAU LAH GAES! Gue bakalan kasih tahu solusi jalan-jalan asyiq ke Jepang dengan ongkos yang irit! Ternyata ada salah satu jasa travel yang menawarkan paket liburan ke Jepang dengan harga suvvvvver murah dengan paket wisata yang lengkap +++++ dan rencananya sih ini travel udah gue simpen jadi list agen travel, yaaa kali aja mimpi gue terkabul heuheuheuehueheuhe~



Apa nama travel nya, deb? Kenalin, namanya HIS TRAVEL! Jadi gaes, HIS TRAVEL ini adalah salah satu jasa travel yang sudah berdiri sejak tahun 1996 dan telah memiliki surat ijin resmi. Wow seumuran sama gue ternyata gaes heuheu.

Perusahaan travel PT. Harum Indah Sari Tour & Travel atau biasa disebut HIS TRAVEL WONDERLAND ini telah melakukan kerjasama dengan salah satu maskapai penerbangan ternama Jepang, ANA (All Nippon Airways), untuk melayani rute perjalanan liburanmu sampai ke kota impianmu di Jepang! Program ini diberi nama HAnavi, dimana tersedia banyak sekali paket liburan mulai dari pesawat, hotel dan ryokan dengan harga yang luar biasya murah!



Apa aja sih keuntungannya HAnavi?



Keuntungan yang bisa kita dapetin kalau daftar pake HAnavi! Sumber.



Jadi gaes, program HAnavi sendiri memang dibuat khusus buat orang-orang asing yang kepingin liburan ke Jepang. Makanya, ada harga khusus buat para calon wisatawan yang mau liburan di Jepang supaya gak kemahalan. Coba kalau kita bandingin sama kalau kita gak pakai paket, bayar pesawatnya aja udah berapa jeti? Belom ongkos sewa hotel, biaya transportasi dari bandara ke hotel, terus belom lagi ke destinasi wisata, heuleeeeuuuhh hayadi beneran gak sanggup neng :(



Promo indah bulan ini~ Sumber.



Untuk beli tiketnya? Gak usah khawatir gaeessss~ HIS TRAVEL telah memiliki 9 cabang yang telah tersebar di pulau Jawa dan Bali. HIS TRAVEL juga memiliki jaringan global yang tersebar di 60 negara dari 130 kota besar yang terdiri dari 190 cabang. Atau kalau butuh informasi lebih lanjut, kalian bisa mengunjungi website HIS TRAVEL atau kunjungi HISGO untuk mengecek harga terbaru dari tiket penerbangan yang kita inginkan dan juga like Facebook fanpage-nya, ya!



Murah kan, gaes? Nyok nabung bareng-bareng dari sekarang yak! Siapa tahu kita bisa bulan madu bareng di Jepang UHUQOKOKWOKOQOOKOQOKOEGHEHEU ya oke gue barusan abis muntah duit recehan gaes.



Haaaa! Satu lagi nih gaes! Ada event menarik buat temen-temen blogger yang bisa kalian ikutin nih dari HIS TRAVEL yang bekerjasama dengan KAWAII BEAUTY JAPAN! Kalian boleeeeeeh bangetttt join HIS SUMMER TRIP COMPETITION dengan hadiah utama LIBURAN KE JEPANG GRATEEEYS!!!



UWUWUWUWUW hasek kan? Haseeek~ Makanya, buruan yuk join event nya bareng-bareng, kalau bisa ajak juga temen blogger kalian yang lainnya biar meriah nyaaaaay! Nah, untuk info event nya, kalian bisa klik banner di bawah ini ya gaaaes~

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition
Ayo ikutan!

Cara ikutannya gimana gaes? Cukup klik banner yang gue kasih barusan, terus sign up, daftarin identitas dan blog kamu dan submit artikel keceh kalian! Nah, mumpung batas akhirnya sampai tanggal 2 Juni 2016, masih ada waktu buat ikutan ngeramein event nih kuuuuy! Jangan sampai ngelewatin kesempatan maha keren ini, lho. Kapan lagi coba ke Jepang gratis :”D

 

Yaudah deh yaaaaa itulah sedikit impian gue yang terus terbayang di angan gue. IYAK, SEDIKIT TUH! HAHAHAHAHAHAHAHA oke deeeh, makasih buat yang udah nyimak artikel gue dari awal ampe ujung dunia :”D Moga-moga bermanfaat buat kalian dan bisa jadi salah satu referensi liburan tjantiq kalian eaps! Dan semoga kalian gak makin galau sama postingan gue ini ahahahahahahaha yak oke bhay bhaay~! /:D/


(psst buat yang mau denger suara random abezz dari gue bisa play suara dibawah ini ehehehehehehee /dibuang)
 










Referensi artikel :





Deby Silarny Priscilina

3 komentar:

Instagram