Konsep dan Metodologi Teknologi Sistem Cerdas

Teknologi masa kini semakin berkembang, bahkan kita dapat menciptakan sebuah sistem cerdas seperti para pakar. Sudah banyak sekali penerapan sistem cerdas ini, lho! Salah satunya di dalam bidang kesehatan dan sosial. Lalu, bagaimana sih konsep dan metodologi dari sistem cerdas itu? Yuk, mari kita bahas bersama-sama.

Konsep Teknologi Sistem Cerdas

Konsep dari teknologi adalah cara untuk menerapkan secara systematis kedalam suatu hal hal yang bersifat sederhana dan suatu hal hal yang bersifat praktis dan mudah untuk dikembangkan ke dalam suatu teknologi.

Sistem cerdas adalah suatu sistem yang dapat dilakukan sebagian kecil dari tingkat kecerdasan manusia untuk berinteraksi dengan keadaan eksternal pada suatu sistem teknologi. Untuk dapat berinteraksi dengan suatu hubungan antara manusia dengan suatu perangkat komputer. 

Jadi konsep dari teknologi system cerdas adalah suatu cara menerapkan suatu hal hal yang bersifat sederhana dan dapat dilakukan sebagian kecil dari tingkat kecerdasan manusia untuk berinteraksi dengan suatu perangkat computer.

Tiga konsep dasar dalam system cerdas adalah :
1)      Bagaimana kerja otak manusia? Hal ini dibahas dalam kajian Artifical Neural Network yang membahas mengenai bagaimana cara sel saraf otak kita bekerja.
2)      Bagaimana manusia berfikir? Hal ini dibahas dalam kajian Atifical intelligence yang membahas mengenai mesin dapat berpikir dan bertindak layaknya manusia.
3)      Bagaimana manusia merasa? Hal ini dibahas dalam kajian fuzzy logic yang membahas mengenai bagaimana mesin dapat dibuat agar mempunyai unsur unsur perasaan seperti manusia, sehingga mesin tersebut dapat mempunyai kehendak dan mengambil keputusan sesuai unsur tersebut.

Pengertian Metodologi


Metodologi adalah sebuah metode yang dilakukan untuk menentukan sebuah kebenaran melalui beberapa penelurusan sistematis. Metodologi penelitian dibagi menjadi dua, yaitu metode kuantitatif dan metode kualitatif.

Meteologi Teknologi Sistem cerdas

 Penerapan metodologi ini dapat digunakan untuk teknologi sistem cerdas. Artificial Intelligence (AI) atau Intelegensi Buatan merupakan sebuah sistem cerdas yang dirancang oleh manusia dalam menyelesaikan suatu masalah dengan menerapkan sistem pakar yang dibuat semirip mungkin dengan penalaran yang mirip dengan manusia.

Salah satu contohnya adalah ANN atau Artifical Neural Networks. ANN atau disebut biasa disebut NN (neura networks)  jaringan dari sekelompok unit pemroses kecil yang dimodelkan berdasarkan sistem saraf manusia. Contoh aplikasi yang menggunakan metode ini adalah pendeteksian wajah.

Referensi :


Erlindamettadewi-fst09.web.unair.ac.id/artikel_detail

dwikimaulana.blogspot.co.id

https://id.wikipedia.org/wiki/Metodologi

http://angganart.blogspot.co.id/2016/10/konsep-teknologi-sistem-cerdas.html

http://diahayununa96.blogspot.co.id/2016/10/konsep-dan-metodologi-teknologi-sistem.html

Deby Silarny Priscilina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram